Konsep peredaman dan acoustic ruangan

  • PEREDAMAN SUARA • SPESIFIKASI STUDIO MUSIK• ACOUSTIC RUANGAN


PEREDAMAN SUARA

Tehnik Peredam Suara yaitu bagaimana material yang dipasang pada permukaan ruangan, mampu meredam/memblok suara dari dalam dan luar ruangan dari berbagai macam frekuensi dan getaran suara.

Material yang digunakan adalah kombinasi dari Material keras dan lembut . Material yang keras digunakan untuk memblok suara Frekwensi tinggi (800Hz-1.5Khz), sedangkan material yang lembut digunakan untuk menyerap suara Frekwensi rendah (400Hz-800Hz)

Sangat mungkin untuk memblok 99% suara didalam ruangan, apabila 2 (dua) kondisi tercapai, antara lain:

  • Adanya indikator stimulus suara dari luar ruangan yang berkisar antara 50-70dB, dari berbagai frekuensi.
  • Frekuensi tinggi antara 800Hz-1.5Khz, dapat diblok secara bagus. Tetapi, sangat tidak mungkin pada ruangan musik dan musik terbuka, yang mana suara yang keluar sangat bervariatif.

Selain kondisi diatas, kata soundproof atau Peredam Suara, pada dasarnya tergantikan oleh insulasi suara, yang mana suara tidak dapat 99% terblok.

SPESIFIKASI STUDIO MUSIK

Dinding:

•  Beton Massive minimal ketebalan 15cm. standard 20cm.

•  Jarak diantara dinding studio dengan lingkungan (Rumah penduduk) sebaiknya mencapai 15m.

•  Pintu studio harus lebih tebal dari pintu biasa menggunakan panel kayu blok (massive) disarankan dua pintu (setebal dinding) dengan ruang sound lock nya (Ruang kunci suara).

•  Kaca view (control) hendaknya menggumakan kaca yang ketebalannya 12-15mm dan disusun 2 lapis , satu  sama lain berjarak 7cm-15cm.

•  Mempunyai Golden Ratio Matrix, P=X, L=0,7m x X, T=0,53 m x X (standard ruang)

Plafon:

•  Harus massive beton ketebalan  sama dengan dinding 15-20cm.

•  Plafon atau langit-langit berjarak kurang lebih 30-50cm dari beton massive tersebut.

• Kelistrikan hendaknya sebaik mungkin tidak ada sambungan-sambungan pada kabel (gunakan  bracket).

•  Lampu penerangan menggunakan out bow atau di bagian bawah langit-langit atau plafon yang tidak boleh di lubang dan cahaya redup.

•  Tinggi mengikuti Golden Ratio dari luas 0.53 X P

  Lantai:

•  Harus massive beton tidak boleh dari papan atau kayu.

•  Dapat menggunakan panggung (10-20cm)  khususnya pada drum dan speaker.

•  Bebas dari ke listrikan (gunakan bracket).

•  Pemutusan suara langsung dari lantai terhadap kusen pintu (gunakan ambalan).

  Pintu:

•  Pintu studio harus lebih tebal dari pintu biasa menggunakan panel kayu blok (massive) disarankan dua pintu dengan ruang sound lock nya (Ruang kunci suara).

•  Kunci menggunakan kunci yang tidak banyak melubangi bagian pintu dengan handel yang terpisah dan kuat.

• Mempunyai ruang sound lock antara pintu satu dengan pintu lainnya terpisah mempunyai jarak 1-3 m.

ACOUSTIC RUANGAN

Acoustic ruangan adalah pengaturan jumlah pantulan pada suatu ruangan. Acoustic yang kurang bagus biasanya diwakilkan pada permukaan keras yang dipasang pada permukaan ruangan.

Namun, apabila terlalu banyak permukaan yang bersifat lembut, maka ruangan tersebut juga berakustik rendah.

Penggunaan kombinasi dari kedua macam karakteristik material, dibutuhkan untuk menghasilkan Peredam Suara yang nyaman dan bagus.

Alat seperti Diffuser, Bass trap diperlukan untuk professional recording, high-end studio, Concert room, Studio music, berfungsi untuk memecah suara, yang bertujuan untuk kwalitas suara dalam ruang itu sendiri.

Mengapa kita membutuhkan Peredam Suara?

Di dalam dunia Music, kualitas suara adalah hal yang paling diutamakan, karena Suara dan Music merupakan satu kesatuan yang sangat erat. Namun di sisi lain music juga memiliki dampak yang negative terhadap kesehatan, terutama pada pendengaran kita (gendang telinga).

Karena itu untuk menghindari dampak negative tersebut, maka dibutuhkan “Peredam Suara” selain berfungsi untuk meredam suara ke luar (insulation) juga berfungsi untuk menambah kwalitas & kenyamanan pendengar terhadap gema, dengung, dan bising yang dihasilkan oleh music di dalam ruangan.

Peredam suara dapat menahan, memblok, dan menyerap gema dari suara yang dihasilkan oleh music, guna mencegah kebisingan suara yang berlebihan. Sehingga kwalitas kejernihan suara dapat didengar dengan lebih baik. Hal yang terpenting dari pertanyaan di atas “Mengapa kita membutuhkan peredam suara?” Peredam suara dapat melindungi telinga dan menghasilkan kejernihan suara yang dapat mengurangi resiko Tuli (Cacat pendengaran).

Bagaimana cara untuk mengatasinya ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kami sebagai Perusahaan spesialis peredam yang sangat ahli dalam bidang instalasi peredam suara, memiliki solusi yang sangat tepat dan actual untuk mengatasi problem tersebut. Yaitu dengan cara memberi beberapa komponen - komponen peredam pada setiap bidang sisi di dalam ruangan dengan beberapa lapisan material, yang mana disetiap lapisannya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Di mulai dari product ASP50 – ASP60 (2lapis – 4lapis material) yang memiliki Daya redam dan Acoustical ruangan 65% - 70%, Hingga product ASP90 (7 lapis material) yang memiliki Daya redam dan Acoustical ruangan 85% - 90%.

 

 

©2013 Aneka Soundproof all rights reserved

 ! 

  Lorem Ipsum

Karena itu untuk menghindari dampak negative tersebut, maka dibutuhkan “Peredam Suara” selain berfungsi untuk meredam suara ke luar (insulation) juga berfungsi untuk menambah kwalitas & kenyamanan pendengar terhadap gema, dengung, dan bising yang dihasilkan oleh music di dalam ruangan.